Podcast Sebagai Media Pembangun Cerita


Podcast merupakan sebuah rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas tentang suatu tema atau topik tertentu. Sekarang ini, podcast telah menjadi konten yang sangat diminati. 

Ben Hammersley pada tahun 2004 membuat istilah “ Podcast ” yang kepanjangan dari “ play-on-demand ” dan “ Broadcast”. 

Terdapat beberapa jenis podcast :

1. Solo Podcast

Sesuai namanya, solo podcast adalah jenis rekaman yang dibawakan oleh satu orang host secara monolog. Artinya, keseluruhan isi rekaman podcast dibacakan secara satu arah tanpa ada lawan bicara.

2. Multi host podcast

Jenis podcast ini adalah tipe rekaman berupa diskusi dari beberapa perspektif pembicara tentang sebuah topik. Jenis podcast ini juga dibawakan oleh beberapa host sekaligus.

3. Interview podcast 

Pada podcast ini, setiap host melakukan sesi wawancara kepada narasumber yang berbeda setiap episodenya.

Bagaimana cara membuat podcast?

  1. Menentukan narasumber 

Mencari narasumber sesuai dengan tema yang di tentukan, Dan mencari narasumber yang open minded, dan komunikatif.

  1.  mempersiapkan peralatan untuk merekam 

podcast saat ini banyak menggunakan video yang menarik 

  1. membuat konten sesuai dengan tema 

menguasai materi sebelum merekam, agar pada saat sudah merekam terlihat menguasai konteks

  1.  Melakukan proses editing

untuk memaksimalkan hasil rekaman yang dibuat,pastinya diperlukan proses editing

  1. Proses upload video 

 setelah proses editing dan hasil rekaman sudah bagus, maka melanjutkan untuk proses upload video 

Manfaat dari adanya podcast:

  1. Banyak pilihan untuk mendengarkan podcast, mulai dari komedi, politik, music, dan sebagainya.
  1.  Tidak seperti radio, siaran podcast tidak menayangkan iklan sehingga kita dapat mendengarkan siaran podcast dengan rasa nyaman, focus dan tanpa gangguan
  1.  Dapat mendengarkan siaran dengan lebih fleksibel, manfaat yang paling penting dari podcast para pendengar dapat mendengarkan siaran tanpa batasan waktu dan tempat.

Podcast sendiri berfungsi sebagai media dalam sarana edukasi, informasi dan hiburan. namun kali ini kita akan menjelaskan podcast sebagai media pembangun cerita. Cerita disini adalah cerita yang memang ditujukkan untuk dipublikasikkan terhadap khalayak umum tentang sebuah perusahaan, brand atau produk. Banyak dari penggiat bisnis ini menggunakan cara storytelling sebagai media penghubung dengan para konsumen mereka. Storytelling yang disampaikan dapat berupa berita, deskripsi produk ataupun iklan yang bersangkutan. menurut riset konsumen lebih tertarik terhadap produk yang memiliki storytelling yang kuat dan menarik. Maka dengan teknologi yang semakin maju, dan dengan adanya podcast ini dapat menambah kemudahan bagi para penggiat bisnis menceritakan sebuah produk mereka. Dengan  adanya podcast mereka dapat menceritakan kisah mereka dengan audio yang lebih menarik dibandingkan hanya tulisan biasa.  

Beberapa contoh penggiat bisnis menggunakan podcast untuk media storytelling dari produk mereka. Salah satunya ada Jerome Polin beliau adalah salah satu YouTuber asal Indonesia yang terkenal akan konten-konten kehidupannya sebagai mahasiswa di Jepang. Jerome diundang oleh Deddy Corbuzier yang merupakan salah satu YouTuber Indonesia yang di mana konten-kontennya berupa podcast dengan orang-orang tertentu. Pada podcast yang tayang di channel YouTube Deddy Corbuzier dengan Jerome Polin ini menceritakan sejarah didirikannya produk bisnis dia dari yang membuka cabang sedikit sampai sudah bisa membuka cabang lebih dari 100. Bisnis yang didirikan oleh Jerome Pollin bergelut pada bidang kuliner, nama brandnya yaitu Menantea. Menantea didirikan pada bulan april 2021, dan yang mengejutkan jerome mengatakan saat ini sudah ada 125 cabang menantea. Jerome Bisnis Jerome ini menjual makanan dan minuman yang kekinian, tetapi memakai bahan-bahan lokal, Jerome menceritakan ia pernah dikirim saus yang dipakai untuk produk makana nya, dan saus yang dipakai untuk makanannya membuatnya nagih, Deddy juga mengakui snack menantea ini pedas dan enak. Nama menu yang terdapat pada Minuman Menantea ini juga sangat unik, MatemaTEAka dan InTEAgral. Saat produk menantea ini launching Jerome masih berada di Jepang, hal ini membuat Jerome khawatir akan produk yang dijualnya. Pada podcast Jerome Polin Dan Deddy Corbuzier ini banyak sekali informasi dan edukasi dalam bisnis, dan pendidikan, yang membuat para generasi bangsa bisa lebih maju dalam berpikir. 

Selanjutnya masih di channel yang sama yaitu podcast Deddy Corbuzier, ada nama Jeffry Jouw atau yang sering disapa dengan sebutan Jejouw. Jejouw memiliki sebuah website e-commerce bernama Kick Avenue yaitu jual beli sneakers. Jejouw bercerita alasan dia untuk membuka website Kick Avenue karena dia memiliki pemikiran daripada dia hanya menjual beberapa sepatu lebih baik membuat usaha dengan memberdayakan SDM yang ada. Selain itu, Jejouw juga bercerita bahwa dia bersama tim nya membuat salah satu festival sneakers terbesar se-Asia Tenggara dengan pengunjung mencapai total 48 ribu pengunjung dengan meraih hasil keuntungan mencapai 8 miliar rupiah

Lalu ada dari channel Youtube Arief Muhammad yang mewawancarai Muhammad Sadad. Muhammad Sadad sendiri adalah pendiri brand Erigo yang memulai bisnis dari bangku SMA  yang dimulai dari menjual apapun barang untuk bisnisnya.Lalu pada 2012 dia memberanikan diri untuk membuka usaha pakaian,bahkan saat itu Sadad tidak menyelesaikan bangku kuliahnya karena lebih berminat dalam bidang bisnis fashion yang ia tekuni. Awal mula dia memulai bisnisnya ini memiliki nama brand Selected & Co. Bermodalkan dana Rp 50 juta ia membangun brand fashion tersebut. Lalu pada 2013 brand tersebut resmi berubah namanya menjadi Erigo. Tidak hanya itu saja, Sadad pernah terlilit hutang yang sangat besar ia tetap bertekad dalam berbisnis yaitu tidak pantang menyerah sehingga hutang tersebut bisa terlunasi oleh usahanya ini. Pada 2015 Erigo berhasil mendapatkan omset hingga Rp 22 Miliar, sampai saat ini brand Erigo semakin berkembang. Lalu di tahun 2021 brand Erigo resmi memasang iklan di Times Square, New York.

Maka dari itu kesimpulan yang dapat diambil adalah podcast sebagai media dalam siaran yang dapat didengarkan kapan saja dan dimana saja, tentunya dapat diakses dengan mudah tidak hanya itu, terdapat bagaimana cara membuat podcast seperti menentukan topik, memilih narasumber, mempersiapkan alat, proses editing dan yang terakhir proses rilisnya podcast. Terdapat 3 contoh podcast untuk membangun cerita mengenai suatu produk ataupun brand diantaranya yaitu Jerome Polin dengan Deddy Corbuzier yang berisi bagaimana proses adanya produk Menantea yang dibangun oleh Jerome Polin, yang kedua yaitu Jeffry Jouw dengan channel yang sama menceritakan bagaimana membangun website Kick Avenue. Dan Muhammad Sadad di channel Arief Muhammad menceritakan asal mula bagaimana bisa terbentuk Erigo. Storytelling menggunakan podcast nyatanya akan menambah ketertarikan konsumen terhadap suatu produk ataupun brand.

Sumber :
https://www.sekawanmedia.co.id/apa-itu-podcast/


Penulis : 

  • Dava Albani Bahar
  • Muhamad Rivan Ramadhan
  • Emiya Leony Karina
  • Ghania Levina Suwardana
  • Reyka Bellamy Tiva
  • Nabila Ayu Zahrani
  • Nabila Destiawan Syah.R

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.